Unprety TLC

">
Lyric Unprety


Lagu Unpretty adalah lagu feminism pertama yang aku kenal, dan ini ada di album "Fanmail" milik TLC yang dirilis tahun 1999. Fanmail juga merupakan album terakhir Lisa Lopez "Left Eye" yang meninggal karena ">kecelakaan mobil tahun 2002 di kota kelahiran group R&B legendaris ini yaitu Altanta, Georgia.

Aliran musik TLC bukan feminism radikal seperti halnya Pink. Lagi-lagu TLC banyak yang beraliran feminism yang melakukan pemberontakan terhadap dominasi kali-laki, namun beberapa lagu-lagunya cukup melangkonis dan berisi pesan bawa perempuan juga membutuhkan laki-laki seperti lagu ">I Miss You So Much yang ada di album Fanmail juga. Meski demikian menurut saya lagu ini tidak cengeng dan tetap mengesankan bahwa perempuan memiliki harga diri dihadapan laki-laki, meski perempuan tetap membutuhkan laki-laki.

Di lagu unpretty, konsep feminism terlihat jelas dalam video yang menggambarkan bagaimana perempuan menolak merubah bentuk fisik untuk kali-laki yaitu memperbesar payudara (diperankan Chili) dan melangsingkan tubuh. Perempuan sendiri dilema saat payudara indah (sebut aja devinisi dari perspektif laki-laki) ternyata juga membawa petaka bagi perempuan. Hal itu digambarkan dengan perempuan berpayudara besar (diperankan T-Bozz) yang nyaris diperkosa laki-laki.